PNS Dituntut Disiplin

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dituntut harus disiplin, sejak 2011 lalu. BKD telah memberikan saksi pemecatan terhadap 5 PNS.
Menurut Kepala Bidang Pembinaan Aparatur BKD Kobar Hariyadi, dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat terhadap kinerja dan pelayanan prima aparat negara. BKD bakal menyosialisasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Dikatakannya PP No. 30 tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin PNS sudah tidak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan keadaan dan sebagai gantinya terbitlah PP NO. 53 Tahun 2010.
“Dengan sosialisasi PP Nomor 53 ini, pegawai bisa mengetahui dan memahami apa yang menjadi hak dan kewajibanya serta mengoptimalkan kenerja sesuai tugas pokok masing-masing. Aturan tertuang dalam PP baru ini jauh lebih keras dibadingkan PP sebelumnya” ujar Hariyadi.

“Dijelaskan, PNS yang melanggar PP No. 53 tahun 2010 akan diberi hukuman sesuai bentuk pelanggaran yaitu ringan, sedang dan berat. Hukuman ringan saksinya berupa teguran  secara lisan, tulisan dan pernyataan tidak puas. Hukuman sedang sanksinya berupa penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun dan penurunan pangkat satu tingkat lebih rendah selama 1tahun. Untuk hukuman berat sanksinya berupa pemberhentian  dengan hormat, pembebasan dari jabatan, penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun.
Sebelumnya Wakil Bupati Bambang Purwanto mengatakan, pekerjaan menjadi PNS adalah pilihan. Apabila sudah menajadi PNS maka harus mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku. Termasuk kedisiplinan dan aturan lain yang tidak boleh dilanggar.
Dengan begitu, adanya PNS yang baru-baru dipecat tentu harus menjadi perhatian bagi PNS lainnya. “Maka dari itu cintailah pekerjaannmu, bukan kerja karena dipaksa . Walau sebagus apapun jika ada paksaan maka tidak akan bertahan lama. Dan biasanya tidak masuk kerja dalam waktu tertentu. Tapi jika keenakan tidak masuk kerja lebih baik berhenti, karena masih banyak orang yang ingin menjadi PNS,” pungkasnya. (sumber radar sampit, 13 maret 2014)


 

Add comment


Security code
Refresh